Rabu, 05 September 2012

MACAM-MACAM PULSUS

Pulsus Alternans
Nadi yang saling bergantian antara nadi yang relatif kuat diselingi  oleh nadi yang lebih lemah (CHF).
keadaan di mana silih berganti adanya denyut nadi kuat dan denyut nadi yang lemah. Denyut nadi yang lemah disebabkan oleh kontraksi miokard yang memburuk dan sampai pada arteri radialis lebih kecil dibandingkan dengan denyut nadi yang kuat. Sebaiknya pemeriksaan pulsus alternans dilakukan dengan tensimeter. Pulsus alternans ditemukan pada gagal jantung, penyakit arteri koronaria, hipertensi, dan takikardia paroksismal.


Pulsus Bigeminus
Keadaan di mana terjadi dua denyut berturut – turut, kemudian disusul oleh pause yang lebih lama (nadi yang mendua). Keadaan ini terjadi pada intoksikasi digitalis.


Pulsus Bisferiens
Pulsus Bisferiens adalah denyut nadi yang ditandai oleh dua puncak sistolik yang kuat yang dipisahkan oleh lekukanmidsistolik, paling sering ditemukan padaregurgitasi aorta yang murni danregurgitasi aorta dengan stenosis

Pulsus Celer
Gelombang nadi tinggi atau denyut nadi yang seolah-olah meloncat tinggi, meningkat dan menurun cepat sekali.



Pulsus Differens
Ketidaksamaan dari berdenyut obervable di dalam menyesuaikan situs sebelah menyebelah tubuh.


Pulsus Paradoxus
Denyut nadi yang semakin melemah selama inspirasi bahkan menghilang sama sekali pada bagian akhir inspirasi untuk timbul kembali pada ekspirasi.


Pulsus Tardus
                 Denyut karotis yang meningkat secara perlahan-lahan. Ini disebabkan oleh obstruksi parsial apa pun di antara ventrikel kiri dan arteri yang sedang anda palpasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar